Tuesday, May 29, 2018

Tips Agar Kuat Berpuasa Disekolah Selama Ramadan

Mengenang kembali moment ramadan ketika masih sekolah!

Tentunya sobat pernah sekolah. Dan yang paling berat ketika sekolah adalah ramadan. Puasa dijadikan alasan untuk bermalas-malasan sekolah. Bahkan berangkat sekolah saja enggan. 

Saya dulu juga pernah sekolah dan mengalami hal yang saya sebutkan diatas. Lalu apa saja yang harus dilakukan ketika rasa enggan itu muncul ketika berpuasa? Berikut tips yang akan saya ulas..

1.Berangkatlah sepagi mungkin kesekolah untuk yang sekolah pagi, kalau bisa sehabis shalat subuh sobat langsung berangkat kesekolah, karena pada saat itu energi masih cukup besar untuk beraktifitas. Makanan yang kita konsumsi ketika sahur bisa memberikan tenaga lebih efektif. Usahakan jangan jalan kaki bila jarak sekolah dari rumah sobat sekitar 5 kilometer. Karena percuma saja berangkat awal jika ditengah jalan sobat pinsan. Minta ibu,bapak atau kakak mengantarkanmu kesekolah dengan menggunakan kendaraan.

2.Jika ada pelajaran olah raga disekolahmu ketika berpuasa, mintalah gurumu agar jangan terlalu ekstrim. Karena berolah raga terlalu keras berpotensi membatalkan puasamu. Mintalah dengan sopan pada guru olah ragamu. Pemanasan saja sudah cukup. Tak perlu terlalu panas karena kalori dalam tubuh dibutuhkan selama berpuasa

3.Tidurlah pagi-pagi untuk yang sekolah siang. Menyimpan energi untuk sekolah siang itu penting, karena jika dipagi hari sobat melakukan aktifitas yang terlalu berat seperti (maggul beras 10 karung misalnya) maka bersiaplah ketiduran ketika jam pelajaran berlangsung. Tentunya tidur saat jam pelajaran sangat beresiko. Kapur,penggaris,penghapus dan bahkan papan tulis akan melayang menghantammu ketika gurumu emosi. Resiko lainnga sobat bisa membatalkan puasa sebelum waktunya.

4.Usahakan jangan malu-malu ketika makan sahur. Lahap apa pun makanan yang ada dimeja untuk meningkatkan energi selama berpuasa. Walau sebenarnya ini juga sangat beresiko bagi sobat yang sekolah pagi. Asupan makan terlalu berlebihan akan berpotensi menyebabkan kantuk tak tertahankan. Kemungkinan kantuk akan menyebabkan malas sekolah. (Sebuah pilihan yang sulit..)

5.Caffein kabarnya dapat memacu adrenalin. Jadi mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung caffein sangat cocok untuk menu sahur. Dan saya ingatkan jangan berlebihan. Caffein juga kurang baik jika dikonsumsi berlebihan.

Bagaimana? Sobat tertarik mencobanya dirumah? Beri informasi kedua orang tua dulu untuk bekerja sama dalam rangka melawan rasa malas sekolah ketika berpuasa.

Tips diatas pernah saya coba. Dan satu atau dua diantaranya ada yang berhasil..ada juga yang gagal total. Jadi pilihlah secara bijak. Cari tips lain jika tips saya kurang cocok untuk diterapkan. Karena segala resiko sobat yang tanggung.

-Demikian tips agar kuat berpuasa disekolah selama ramadan. Kurang lebihnya saya mohon maaf.



No comments:

Post a Comment