Sunday, May 13, 2018

Cikarang Berkembang

Menengok masa lalu Cikarang:
Cikarang hanya sebuah kawasan pusat jual beli yang menampung hampir sebagian pedagang yang berdomisili di Cikarang dan sekitarnya. Dan ada salah satu pusat perbelanjan terkenal yang menjadi ikon Cikarang pada saat itu.

Namun kini Cikarang menjelma menjadi pusat Industri yang cukup besar di Jawa Barat. Perkembangan yang dinamis melingkupi segala aspek kehidupan masyarakat Cikarang.

Apa dampak positivnya?
Perindustrian Cikarang mampu menyerap ribuan tenaga kerja baik masyarakat Cikarangnya sendiri atau bahkan dari luar daerah.

Apa dampak negativnya?
Tentu saja perkembangan pembangunan Cikarang akan mencaplok lebih banyak wilayah baru yang belum tersentuh pembangunan. Masalah utamanya adalah ketika sebuah developer/pengembang merencanakan pembangun baru maka akan ada wilayah baru juga yang tergusur. Alih-alih ingin memajukan Cikarang, justru akibat dari penggusuran tersebut malah menggilas lahan pertanian yang menjadi sumber mata pencaharian sebagian masyarakat Cikarang.

Itu hanya sebagian kecil dampak negativ dari pembangunan dan pengembangan suatu wilayah. Lalu apa rencana pemerintah selanjutnya?
Semoga perkembabangan dibarengi kebijakan yang tidak merugikan masyarakat-pribumi.

-Wassallam

Foto dikutip dari rumahhokie.com

No comments:

Post a Comment