Wednesday, May 23, 2018

6 Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Daun Kelor

Tumbuhan dengan nama ilmiah 'moringa oleifera' ini bisa kita jumpai dipekarangan rumah atau dikebun disekitar rumah. Banyak mitos tentang tumbuhan yang termasuk kedalam famili 'moringaceae' ini. Dibeberapa daerah di Indonesia, banyak yang mengaitkan tumbuhan ini dengan dunia ghaib. Bahkan ada yang mempercayai tumbuhan ini mampu menangkal gangguan setan atau bangsa lelembut lainnya.

Meski demikian, tumbuhan yang daunnya mirip daun pohon katuk ini memiliki khasiat yang tak main-main bagi tubuh.

Memiliki kentinggian yang terbilang rendah antara 7 s/d 11 meter (tinggi tapi rendah? membingungkan) membuat pohon ini cocok untuk pohon pagar. Dengan batang berkayu dan daun lebat mirip pohon akasia namun tak terlalu tinggi.

Kemudian apa saja kandungan gizi yang terdapat pada daun kelor ini? Dilansir dari http://tipssehat.tk inilah kandungan gizi tersebut:

1.Kandungan Potasium setara 3 kali buah pisang:
Potasium ini dipercaya dapat meningkatkan karbohidrat dan metabolisme tubuh. Namun demikian, alangka lebih baik jika asupan potasium janganlah terlalu berlebihan karena effek negatifnya juga sangat berbahaya, seperti meningkatkan resiko hiperkalemia. Hiperkalemia adalah peritiwa dimana denyut jantung berdetak tak beraturan, dan zat potasium ini juga dapat memicu sesak napas jika dikonsumsi secara berlebihan.

2.Kandungan vitamin A setara 4 kali sayuran wortel:
Vitamin A sendiri berguna untuk kesehatan mata dan kulit. Meningkatkan daya penglihatan jadi lebih baik. Tak jarang pula sayuran serta buah yang mengandung Vitamin A ini digunakan sebagai bahan baku pembuatan masker penghalus kulit wajah.

3.Kandungan zat besi setara 25 kali dari bayam:
Jika Poppeye tau, mungkin ia akan beralih pada daun kelor dan meninggalkan daun bayam karena manfaatnya yang jauh lebih besar dari daun bayam. Zat besi sendiri mampu mencegah anemia dan berguna dalam pembentuk sel darah merah.

4.Kandungan vitamin C setara 7 kali buah jeruk:
Wow! Tinggi juga ternyata kandungan vitamjn c daun kelor. Kalau hanya untuk sekedar mencegah sariawan sih boleh juga nih sobat. Coba aja dirumah.

5.Kandungan kalsium setara 4 kali dari susu:
4 kali dari susu disini mungkin produk susu hewani ya sobat. Entahlah dengan susu nabati. Namun daun kelor cocok bagi para vegetarian yang ingin asupan nutrisi kalsium sebagai pengganti susu sapi.

6.Kandungan protein setara 3 kali yoghurt:
Yoghurt sendiri adalah produk hasil fermentasi susu. Jika susunya saja sudah kalah dalam nilai gizi, apalagi yoghurt yang sudah melalu proses fermentasi. Tentu nilainya akan berkurang.

Demikian rangkuman kandungan gizi pada daun kelor. Jika anda tertarik untuk mencobanya, konsultasi terlebih dahulu ya sob dengan pakar gizi, agar tidak timbul hal-hal yang tak diinginkan.

Nama Ilmia: Moringa Oleifera
Klasifikasi: Moringa
Ordo: Brassicales, tumbuhan yang satu ordo dengan kelor ini antara lain, lobak, sawi India serta kubis kantung gimbal dan masih banyak yang lain.

Artikel ini dikutip dari berbagai sumber.

No comments:

Post a Comment