Tuesday, May 29, 2018

Keunikan Dan Sejarah Karawang

Karawang! Kabupaten yang terletak di provinisi Jawa Barat ini menyimpan banyak misteri dan fakta sejarah.

Dalam tulisan DR.R.Asikin WK (1937) menyatakan, sebelum terciptanya nama Karawang ada tiga penyebutan untuk wilayah di Provinsi Jawa Barat tersebut:

1.Pada masa pemerintahan Kerajaan Pajajaran, bangsa Portugis menyebut pelabuhan penting itu terletak disebuah wilayah yang bernama 'Caravan' pada Sungai Citarum atau kita menyebutnya dengan sebutan Karawang.

2.Sultan Agung Penguasa Kerajaan Mataram menyebut Karawang seperti yang tercantum pada piagam 'Pelat Kuningan Kandang Sapi Gede' bahwa pada saat itu nama Karawang adalah Siti Bungas Kilen dengan pengangkatan Singaperbangsa serta Wirasaba sebagai Wadana/Bupati.

3.Aria Surengrana atau Aria Wirasaba diutus oleh Sultan Agung Raja Mataram untuk berangkat ke Rangka Sumedang. Dan yang dimaksud Rangka Sumedang adalah Karawang.

Nama Karawang sendiri diambil dari tiga suku kata yakni 'Ka-Rawa-an'. Menilik dari topografi Karawang bagian utara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari rawa-rawa dan dataran rendah dengan ketinggian 100 meter dari permukaan laut. Maka terciptalah sebuah tempat yang diberi nama Karawang.

Uniknya di Karawang bagian selatan berbukit-bukit dan merupakan dataran tinggi dengan pegunungan membentang dari timur hingga kebarat kita bisa menuju rungking untuk tahu wilayah perbatasan dibagian barat pegunungan tersebut. Pegunungan tersebut bagaikan tembok kokoh yang melindungi Kabupaten Karawang diwilayah selatan.

Batas Kabupaten ini adalah Laut Jawa diutara, dibarat ada Kabupaten Bekasi, dibarat daya ada Kabupaten Bogor, sementara diselatan ada Kabupaten Cianjur, ditimur ada dua kabupaten yang berbatasan langsung dengan Karawang yaitu Kabupaten Subang dan Purwakarta. Dulu Purwakarta adalah bagian dari Karawang hingga kemudian dimekarkan menjadi Kabupaten baru.

Menguak Sejarah Karawang.
(Penyerangan Kerajaan Banten Pada Kerajaan Pajajaran)

Sebagaimana telah disebutkan bahwa Karawang adalah salah satu tempat yang termasuk kedalam wilayah kekuasaan Kerajaan Pajajaran. Karawang menjadi wilayah Pajajaran yang digunakan sebagai kota perdagangan.

Namun dengan berkembangnya Islam di Indonesia khususnya di Jawa Barat, maka wilayah dan kekuasaan Pajajaran makin terdesak. Perbatasan wilayah Pajajaran hampir semua telah dikuasai Islam seperti Cirebon, Banten, dan Sunda Kelapa (Jakarta). Dan pada tahun 1579 tentara Banten mengadakan penyerangan ke Pajajaran maka pada tahun 1580 Pajajaran jatuh ketangan Banten termasuk Karawang tentunya. Akan tetapi Karawang pun dibiarkan terbengkalai oleh Kerajaan Banten.

(Runtuhnya Kerjaan Pajajaran)

Setelah Pajajaran runtuh, maka berdirilah Kerajaan Sumedengalarang yang didirikan pada tahun 1580 oleh Prabu Geusan Ulun. Wilayah Kerajaan Sumedanglarang tak jauh beda dengan wilayah Kerajaan Pajajaran yakni disebelah barat dibatasi kali Cisadane, disebelah timur kali Cipamali. Daerah kekuasaanya meliputi daerah Sumedang, Sukakerta, Ukur (Bandung), Cianjur dan Karawang.

Sumber: Buku karya DR.R.Asikin WK.

-----------------

-Keunikan Objek Wisata Serta Perluasan 
Pembangunan-

Dengan melalui proses sejarah panjang. Akhirnya terbentuklah sebuak Kabupaten yang kini menjadi salah satu Kabupaten dengan pembangunan serta perluasan wilayah industri yang sangat pesat. Meski tak semasive Kabupaten Bekasi dalam hal perluasan industri, namun Karawang telah mampu bersaing dalam tingkat penyerapan tenaga kerja. Ironisnya, tak semua lapisan masyarakat dapat menikmati kemajuan perindustrian di Kabupaten Karawang. Sama halnya dengan Kabupaten Bekasi, pribumi hanya mampu gigit jari dan kadang hanya jadi penonton pembangunan.

Namun hal yang menjadi daya tarik Karawang justru industri pariwisatanya. Wisata Alam Karawang menawarakan banyak keunikan didalamnya. Mulai dari indahnya Curug Cigeuntis dan misteriusnya pesona rungking hingga tersohornya pantai utara. Semua itu memberi kesan tersendiri.
Itulah keindahan alam yang dapat ditawarkan. Terlebih lagi kesan ketika mengunjungi Rungking. Tempat ini punya aura mistis yang kental lho sobat. Tak berlebihan rasanya jika mensyukuri indahnya sisi lain dari Karawang tersebut.

-----------------
Nama Kabupaten: Karawang
Julukan: Kota Pertanian/Lumbung Padi
Luas Wilayah: 1.652 km2 mengalahkan luas wilayah negara Singapura yang hanya sekitar 719,9 km2

Objek Wisata:
1.Curug Cigeuntis
2.Curug Bandung
3.Pantai Pakis
4.Wisata kota alun-alun Karawang
5.Gunung Rungking
Dan masih banyak yang lainnya.

Demikian kehindahan serta keunikan sejarah dan objek wisata alam Karawang yang dapat saya rangkum. Semoga sobat yang membacanya dapat memetik pelajaran serta bisa memasukan Karawang sebagai tujuan wisata agar pariwisata Indonesia kian berkembang serta memberi kesempatan pada warga lokal untuk terus berinovasi memajukan Kabupaten Karawang. Meski saya tak yakin ada yang sudi membaca artikel saya yang blepotan ini, namun saya berterima kasih pada yang sudi mampir di blog kelas teri ini.

Akhir kata, wabillahi taufik walhidayah..wasallamu alaikum warahmatullahi wabarkatuh!

Artikel ini dilansir dari buku karya DR.R.Asikin (1937) dan R.H.Tjetjep Supriadi (1994)
Semoga bermanfaat.

Sumber gambar: http//peta-kota.blogspot.com

No comments:

Post a Comment