Monday, May 21, 2018

Manfaat Pohon Cecendet/Ciplukan

Sobat pasti pernah mendengar pohon cecendet. Dengan ciri khas kulit luar seperti kelambu. Pohon ini disebut juga 'ciplukan'.


Siapa sangka pohon yang tumbuh liar dipekarangan rumah hingga dapat dijumpai ditegalan ini memiliki bergam manfaat.

Baca juga:
6 Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Daun Kelor

Pohon dengan nama latin physalis angulata ini dipercaya memiliki beragam khasiat sebagai obat herbal. Mulai dari akar hingga buahnya bisa digunakan sebagai obat herbal. Pohon ini mampu hidup didaerah dengan ketinggian 1.550 meter dibawah permukaan laut.

Buah dari pohon ini akan sangat pahit ketika masih muda. Namun sangat manis ketika telah matang.
Nah sobat bisa mencoba buah yang telah kuning bila menjumpai tumbuhan ini disuatu tempat. Rasanya manis-asam membuat buah ini digemari anak-anak atau pun orang usia dewasa.

Ada tiga khasiat buah cecendet yang mungkin belum kita ketahui. Lalu apa saja khasiatnya:

1.Mengatasi diabetes. Bagi sobat yang ingin mencegah atau mengobati diabetes, cobalah melakukan cara ini..pertama, siapkan pohon cecendet beserta akarnya yang telah dicuci bersih, kemudian siapkan 3 gelas air bersih untuk merebus pohon cecendet..kemudian rebus pohon cecendet dengan 3 gelas air yang kita persiapkan tadi. Tunggu sampai air tersisa 1 gelas. Minum secara rutin untuk hasil yang maksiml. Bisa sobat coba meminum ramuan ini 1 gelas/hari.

2.Mencegah penyakit epilepsi/ayan. Untuk pencegahan epilepsi jauh lebih mudah. Sobat hanya perlu mengkonsumsi buah cecendet 8 hingga 10 buah/hari. Usahakan mengkonsumsi buah yang masih muda. Namun yang sudah masak pun tidak apa-apa.

3.Menyembuhkan borok/luka luar. Cara membuat ramuannya gampang. Sobat siapkan saja segenggam daun cecendet dan 2 sendok makan air kapur sirih. Kemudian bahan tersebut ditumbuk menjadi satu. Setelah itu bubuhkan pada luka yang ingin diobatai.


Itulah berbagai khasiat pohon cecendet/ciplukan. Selain bermanfaat sebagai obat, buah cecendet juga memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi.
Demikian ulasan tentang pohon cecendet. Semoga bermanfaat dan menyadarkan kita bahwa banyak tumbuhan liar yang ternyata memiliki khasiat sebagai obat.
-Terima kasih..
Sumber: https://manfaat.co.id

No comments:

Post a Comment